Implikasi Teori Pendidikan Spiritualitas menurut Parker J. Palmer bagi Spiritualitas Pendidik Kristen di Gereja
Abstract
Pendidikan spiritualitas merupakan kebutuhan dalam gereja. Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan sebab dalam proses mendidik ada kecenderungan bahwa pendidik hanya memaksimalkan kognitif dan mengabaikan spiritualitas nara didik. Tulisan ini bertujuan membangun spiritualitas pendidik dalam gereja. Tujuan ini menolong para pendidik dalam melakukan pendidikan spiritualitas di gereja. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah kualitatif deskriptif. Hasilnya pendidik perlu membangun dan merawat spiritualitas Kristen sebagai dasar dalam mendidik naradidik di gereja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admin. “Definisi Metode Deskriptif.” idtesis.com. Last modified 2012. Diakses Oktober 21, 2020. https://idtesis.com/metode-deskriptif/.
Banawiratma, J. B. Spiritualitas Transformatif: Suatu Pergumulan Ekumenis. Yogyakarta: Kanisius, 1990.
Cunningham, Lawrence S., dan Keith J. Egan. Christian Sprituality: Themes from the Tradition. New Jersey: Paulist Press, 1996.
Groome, Thomas H., dan Harold Daly Horell, ed. Horizons & Hopes: The Future of Religious Education. Mahwah, New Jersey: Paulist Press, 2003.
Hardjana, Agus M. Religiositas, Agama & Spiritualitas. Yogyakarta: Kanisius, 2005.
Heuken, A. Spiritualitas Kristiani. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka, 2002.
Laia, Oinike. “Model Pemuridan yang Relevan untuk Pelayanan Pendidikan Kristen.” The New Perspective in Theology and Religious Studies 1, no. 1 (2020): 1–32.
Lase, Delipiter, dan Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spiritualitas dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 13, no. 1 (2020): 13–25.
Mbeo, Deni. “Pengaruh Spiritualitas terhadap Perilaku Belajar Siswa.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 86–98.
McGrath, Alister E. Christian Spirituality. Massachusetts: Blackwell Publishers, 1999.
Olla, Paulinus Yan. Teologi Spiritualitas: Pengantar pada Teologi Spiritual, Tema-Tema dan Strukturalisasi Pengajarannya. Yogyakarta: Kanisius, 2010.
Palmer, Parker J. To Know As We Are Known: A Spirituality of Education. San Fransisco: Harper & Row Publisher, 1983.
Setiawan, David Eko. “Hakikat Spiritualitas Pelayan Kristus dan Implikasinya bagi Hamba Tuhan Masa Kini.” Pengarah: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 2 (2020): 116–128.
Siahaan, Daniel Syafaat. “Pendidikan Kristiani sebagai Instrumen Penyadaran Pentingnya Pertumbuhan Spiritualitas dalam Konteks Budaya Populer.” GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual dan Filsafat Keilahian 1, no. 2 (2016): 123–138.
Tristyanto, Juddi Wahju. “Aktualisasi Guru Pendidikan Agama Kristen.” KERUSSO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2017): 1–12.
Usmany, Janeman. “Spiritualitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Teori Perkembangan Kepercayaan Fowler dan Teori Perkembangan Moral Kohlberg: Penafsiran Perspektif Al-Kitab.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2018): 100–108.
Wilson, Bawamenewi. “Spiritualitas Seorang Pelayan Tuhan.” ERESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 61–66.
DOI: https://doi.org/10.46817/huperetes.v2i1.37
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Sekolah Tinggi Teologi Kalimantan, Jalan Gajah Mada 50 Pontianak - Kalimantan Barat. Email: office@sttkalimantan.ac.id
HUPERETES telah diindeks pada:
View HUPERETES Stats